Home » » SEO | Optimasi Posting Pada Blog

0 SEO | Optimasi Posting Pada Blog

SEO | Optimasi Posting Pada Blog
Yang namanya blog, tentu tidak terlepas dari posting. Posting dalam blogger merupakan "entry" yang ditulis dengan menggunakan kode-kode HTML. Wah, kawan-kawan mungkin ada yang protes kaya gini ; " aku nulis biasa aja"; "aku ngga pakai kode tuh", dan sebagainya. Tapi tunggu sebentar, memang pada dasarnya untuk menulis sebuah posting tidak perlu menggunakan kode HTML, sebab kode tersebut sudah dibuat secara otomatis oleh Blogger.com. Sebenarnya yang kamu tulis melalui "plain text" dalam posting memiliki kode-kode tertentu. Coba sekarang kamu tulis Cara-Cara memulai nge-blog memakai perataan kanan, kemudian disusul cara 1,2,3,dan seterusnya. Selanjutnya klik "edit HTML" di atas kanan "post entry", nah kelihatan khan tulisan yang kecil dan kode diantara <.....>. Serta banyak pembuktian lain bahwa yang kamu tulis dalam entry (posting) itu adalah berupa kode-kode, antara lain : Penggunaan RSS, sitemap blog, dan sebagainya.


Kembali ke SEO | Optimasi Posting Pada Blog... Posting semestinya memiliki keterkaitan dengan judul blog, agar nilai SEO dalam suatu blog akan bertambah. Seperti yang dijelaskan pada posting "SEO | Optimasi Judul Blog dalam Title Tag", bahwa blog mempunyai beberapa keyword dengan beracuan kepada keyword utama yakni "Judul Blog". Keyword tersebut bisa berupa kata atau frase kata yang diambil untuk dasar apabila kamu ingin membuat suatu posting.


Contoh :

Judul blog adalah "Kampanye Pemilu Indonesia 2009"
Keyword : kampanye, kampanye damai, pemilu damai indonesia, pemilihan umum, pemilu, indonesia, tahun 2009.


Kata kampanye,pemilu,dan indonesia merupakan kata dari kata kunci, sedangkan lainnya juga merupakan kata kunci dalam bentuk frase kata. Jangan sampai postingan kamu terlepas dari keyword-keyword tersebut. Kalau kamu menulis tentang sejarah kampanye dari tahun 1955, it's OK. Tapi kalau kamu menulis mengenai sejarah manusia kera, it's not good. Permisalan yang lain, kamu menulis tentang pemilihan umum di kampung kamu, it's OK. Tapi ketika kamu menulis mengenai pemilihan ratu kecantikan, it's not good. Dari penjelasan di atas kita telah membahas tentang apa yang diistilahkan orang dalam dunia SEO dengan sebutan "Keyword Prominence".

Kemudian pastikan kata-kata dalam postingan kamu mengandung beberapa kata kunci atau disebut juga "Keyword Density". Apabila kita tinjau dari hitungan matematis lebih kurangnya seperti berikut ini :
Jika posting kamu mempunyai kurang dari 500 kata, maka posting seharusnya memuat 1 - 3% kata kunci.
Jika posting kamu mempunyai lebih dari 500 kata, maka posting seharusnya memuat 3 - 5% kata kunci.

Masukkan pula kata-kata dan frase kata yang mendekati keyword blog kamu atau disebut dengan "Keyword Proximity". Berkenaan dengan contoh di atas, bila keyword kamu "pemilu damai indonesia" dapat kamu masukkan pula frase "pemilu indonesia". Asumsinya orang kemungkinan akan melakukan pencarian dalam search engine hanya untuk kata "pemilu indonesia".

Faktor lainnya yang perlu kamu optimasi dalam posting blog adalah :
Gunakan bold atau italic untuk keyword kamu dalam postingan.
Tambahkan kode "alt" jika kamu memasukkan sebuah image.
Target keyword dalam satu postingan, bisa mencapai 3 keyword.
Update selalu posting blog kamu, minimal 1 posting dalam 1 minggu.

Pengunjung adalah raja dan seorang raja perlu suatu hidangan yang istemewa. Inilah kunci sukses untuk mendapatkan ranking tinggi pada search engine. Sedangkan hidangan pengunjung adalah posting, sehingga perlu di rancang agar posting dapat menarik perhatian pengunjung. Jadi bukan melulu mengatasnamakan tampilan posting yang search engine friendly, tapi juga tak kalah penting adalah isi yang membuat pengunjung betah di blog kamu. Sebaliknya isi yang menarik tapi menomorduakan search engine, juga merupakan langkah yang kurang tepat. Kamu harus selalu berusaha supaya antara kebutuhan search engine dan pengunjung sama-sama terpuaskan.

Selamat mencoba SEO | Optimasi Posting Pada Blog...
Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat? Jika ya, mohon kesediaannya untuk meng-klik tombol Plus One yang ada di samping ya. Terima kasih
related post :

0 Testimonial:

SILAHKAN KOMENTAR

Maturnuwun sampeyan sudah mampir di Blog Mas uwah, tinggalkan komentar untuk menjalin persahabatan ingat NO SPAM.

 

Copyright © 2011 Mas Uwah is proudly powered by Blogger.com | Return to top

Grab this blog to mobile version on http://trikbloggers.blogspot.com/?m=1

Mas uwah | Trik blogger | Optimasi seo