Home » » Mengenal struktur template blogspot

2 Mengenal struktur template blogspot

Mengenal struktur template blogspot
Sebagian sahabat semua pasti ada yang belum Mengenal struktur template blogspot, Maka dari itu saya ingin memperikan sekelumit/sedikit informasi tentang struktur template blogspot, struktur dari beberapa template tidak persis sama. Tapi, dengan mengenal struktur dasar, kita dapat dengan mudah mendapatkan ide bagaimana mengembangkan template kita yang sekarang, mendesain template, dan bagaimana mengubahnya sehingga memiliki struktur yang berbeda, Dan menarik tentunya,

beberapa bagian struktur template jelas terlihat dari kebanyakan blog yang kita lihat. Contohnya : header, footer, dan bagian posting. Tapi ada beberapa bagian lain yang (bs disebut block atau containers berikutnya) yang tidak terlihat di layar monitor tapi bagian penting HTML untuk membangun template agar praktis dan benar kerjanya.

Untuk memulai kita lihat dulu struktur dasar template di bawah ini, kebanyakan template memiliki struktur seperti ini :


Kita pelajari dulu dari blok yang paling besar sampai blok terkecil:
  1. Body: block paling lebar yang merupakan badan dari template (pada dasarnya semua yang terlihat di layar komputer).
  2. Outer-wrapper: kotak ini melapisi bagian template (Body lebih mirip bagian luar template). Pada umumnya, kita membangun sebuah wrapper untuk menempatkan beberapa kotak lebih kecil di dalamnya. Kotak-kotak yang paling umum di dalam outer-wrapper adalah : header, content, dan footer
  3. Header: Kotak ini adalah bagian teratas dari blog (namanya sudah memperlihatkan dengan jelas. Tapi di dalam header kita punya sub-block lain-Header title block, Header description block, dan lainnya contohnya adsense banner, menu bar, dll. Jadi, untuk menggabungkan semua sub-block ini dalam satu kotak besar, kotak paling besar di bagian header biasanya Header-wrapper yang menggabungkan semua di dalamnya.
  4. Content: Di bawah header adalah content wrapper- pada dasarnya ini bagian terpenting dari semua block. Di dalam wrapper ini ada kotak-kotak sidebar (1,2 atau lebih) dan kotak utama ( main block) yang memuat Post, comment, dan beberapa iklan.
  5. Footer: adalah kotak paling bawah dari template. Seperti bagian header, kita juga memerlukan Footer wrapper untuk memuat sub-block yang lain di bagian footer.
  6. Main: Main-wrapper adalah kotak paling lebar dalam content wrapper. Di dalam main-wrapper terdapat Post block, comment block, date header, dan widget lain yang dibuat dari add page element option.
  7. Sidebar: adalah block yang memuat semua side widget- About me, label, archieve, text, Html and Javascript, adsense, dll. Dalam blogger template standard, kita sering menemukan satu sidebar saja, oleh karena itu disebut 2-column template (Main dan sidebar). Tapi sebenarnya mudah menambahkan banyak kolom sidebar. Yang paling banyak setelah satu sidebar adalah 2 sidebar atau 3-column template. Kita akan belajar itu nanti. Setelah mempelajari rangkaian tutorial ini, pertama kita pahami dulu struktur template, nanti akan terasa mudah menambahkan maupun memindahkan sidebar ke bagian kiri atau kanan main block.
  8. Blog Post: block ini memuat isi terpenting- Judul posting, post, Post author, label, dll.
Satu cara lain untuk melihat struktur ini adalah dengan melihat bagian hierarkis. Dimulai dengan kotak terbesar kemudian kotak-kotak di dalamnya, strukturnya terlihat seperti bagian di bawah ini :

Body

Outer-wrapper

Header-wrapper

Blog Title

Blog Description

Other widgets

Content-wrapper

Sidebar-wrapper (1,2,3...)

Main-wrapper

Date Header

Posts

Post Title

Post Content (or called Post Body)

Post Footer (Author, Labels, etc)

Comments

Feed Link

Other widgets (mostly ad units)

Footer-wrapper

Footer text (disclaimer, copyrights, etc)

Other widgets


Jika kita sudah paham struktur dasar ini, akan lebih mudah untuk memodifikasinya. Belajar struktur kode tidak hanya belajar HTML or CSS, tapi lebih banyak tentang bagaimana mengorganisasi template dan mendesignya agar pembaca dapat betah di blog kita, . Jika bermanfaat jangan sungkan-sungkan untuk komen ya.
Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat? Jika ya, mohon kesediaannya untuk meng-klik tombol Plus One yang ada di samping ya. Terima kasih
related post :

2 Testimonial:

Ladida Cafe :

oww, dasar2 template blog nih, sip infonya :)

Mas uwah :

iya mas,, bt par newbee

SILAHKAN KOMENTAR

Maturnuwun sampeyan sudah mampir di Blog Mas uwah, tinggalkan komentar untuk menjalin persahabatan ingat NO SPAM.

 

Copyright © 2011 Mas Uwah is proudly powered by Blogger.com | Return to top

Grab this blog to mobile version on http://trikbloggers.blogspot.com/?m=1

Mas uwah | Trik blogger | Optimasi seo