Home » » Pantau Keyword kamu Dengan Google Alerts

0 Pantau Keyword kamu Dengan Google Alerts

Pantau Keyword kamu Dengan Google Alerts 

Kembali lagi ke bahasan tentang google, hari ini kita berbicara tentang Google Alerts. Fasilitas ini memang telah 'lama' ada dan mungkin basi bagi beberapa orang, namun saya berusaha menyajikannya berbeda dan mudah bagi Anda memanfaatkannya.

Google alerts memberi tahu Anda setiap kali ada hal baru berdasar kata kunci yang Anda tentukan. Misalnya saja saya masukkan keyword 'trik blog'. Maka setiap kali google mendapatkan hal baru tentang 'trik blog' dia akan memberi tahu saya. Hebat bukan?

Lalu apa gunanya untuk Anda? Bukankah ini bisa digunakan untuk memantau kata kunci tertentu. Misal Anda mengincar kata kunci 'info handphone terbaru'. Namun tentu Anda tidak sendirian mengincar keyword seperti itu. Ada banyak blog lain yang menggunakan keyword sama. Karena sama-sama mengincar keyword 'info handphone terbaru', Anda dan blog-blog kompetitor Anda akan banyak menulis artikel yang mengandung kata kunci tersebut. Anda akan tahu setiap kali Anda menggunakan kata kunci tersebut untu postingan Anda, namun apakah Anda bisa cepat tahu jika blog-blog lain juka melakukan hal serupa?

Nah, jawabannya kita gunakan Google Alerts. Dengan fasilitas ini Anda daftarkan 'info handphone terbaru' dan ketika Google menemukan hal baru tentang kata kunci tersebut, Google akan memberi tahu Anda.

Berikut Cara Penggunaan Lengkapnya:
Silahkan Anda pergi ke http://www.google.com/alerts. Login dengan akun gmail Anda.


Pada Search Terms tentukan keyword yang ingin Anda pantau. Misal Anda pantau keyword info handphone terbaru. Agar hasil lebih tepat Anda masukkan dengan diapit tanda petik, sehingga keyword tersebut menjadi satu kesatuan. Isikan pada kolom "Info Handphone Terbaru"
Jika Anda hanya ingin memantau blog kompetitor tanpa menyertakan blog Anda di hasil cari, tambahkan tanda minus diikuti domain Anda. Penulisan "Info Handphone Terbaru-www.domainanda.com"

Pada Type Anda bisa memilih media yang akan dilacak google. Anda bisa pilih web, news, group (menitik beratkan pada diskusi dan grup google) atau comprehensive untuk menggabungkan semuanya.

Pada How Often, Anda isi dengan frekuensi laporan yang ingin Anda terima. Tentu ini disesuaikan dengan keyword yang Anda pantau. Anda bisa memilih setiap saat, setiap hari atau setiap minggu.

Pada Email Length tentukan berapa banyak alert yang Anda terima. Terserah Anda.

Terakhir, pada Deliver To pilih kemana alert akan dikirimkan. Jika Anda pilih email Anda, alert akan dikirimkan ke inbox email, sedang jika Anda pilih feed, maka Anda bisa cek pemberitahuan lewat google reader. Jika semua sudah Anda isi, silahkan klik tombol Create Alert.

Setelah anda klik tombol tersebut, Anda akan di bawa ke halaman pengaturan yang memungkinkan Anda menghapus alert yang telah Anda buat, atau menambahkan alert lain.

Mudah bukan? Jika selama ini Anda bersusah payah secara manual pantau kata kunci di Google Search, saya rasa ini jauh lebih mudah karena Anda cukup menunggu 'klakson'. Semoga bermanfaat.
Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat? Jika ya, mohon kesediaannya untuk meng-klik tombol Plus One yang ada di samping ya. Terima kasih
related post :

0 Testimonial:

SILAHKAN KOMENTAR

Maturnuwun sampeyan sudah mampir di Blog Mas uwah, tinggalkan komentar untuk menjalin persahabatan ingat NO SPAM.

 

Copyright © 2011 Mas Uwah is proudly powered by Blogger.com | Return to top

Grab this blog to mobile version on http://trikbloggers.blogspot.com/?m=1

Mas uwah | Trik blogger | Optimasi seo